Saturday, June 7, 2008

Konflik dan Hubungan

Selama sebulan (lebih) ini, ada banyak masalah.. Salah satunya, masalah di top-leader Dynamic Youth Taman Surya, yang sempat sedikit (banget) ku bahas di "Angkat Tangan..!!" Masalah yang ada berhubungan dengan leader yang satu dan leader yang lain.. Kesalah-pahaman? May be Yes, may be No.. Miss-communication? May be Yes, may be No.. Lah?? jadi?? hehe... Hm, bukan soal masalahnya yang mau ku bahas.. Tapi soal............

Seringkali dalam kehidupan kita, kita menghadapi masalah.. Entah masalah sosial, ekonomi, budaya, bla.. bla.. bla.. (da kaya pelajaran PKN :D).. Tapi, cenderung masalah yang kita hadapi adalah masalah dengan orang lain.. Salah-paham, miss-communication, hubungan dan lain sebagainya.. Aku mempelajari satu hal mengenai masalah (dengan orang lain khususnya) dalam beberapa minggu ini..

Saat kita mengalami konflik dengan orang lain, seringkali kita melihat konflik (yang sama) dari sudut pandang yang berbeda.. Dan cenderung kita fokus kepada penyelesaian masalahnya daripada ke hubungan yang ada.. Dengan keadaan seperti ini, konflik yang ada akan semakin rumit dan tak terselesaikan..

Memandang konflik dari sudut pandang yang berbeda, akan membuat kedua belah pihak membuat kubu masing2, sehingga menciptakan jurang pemisah antar keduanya. Fokus pada penyelesaian konflik, akan menyebabkan kedua belah pihak saling melukai.. Jalan terbaik untuk menyelesaikan konflik adalah fokus kepada hubungan.. Karena konflik dengan orang lain akan muncul saat terjadi gesekan satu sama lain.. Dan gesekan itu dapat muncul dari berbagai sumber..

Cara fokus pada hubungan adalah..
Tanyakan pada diri sendiri.. "Seberapa penting-kah hubungan ini bagiku?" Karena derajat penting atau tidaknya hubungan ini, akan menentukan keseriuskan kita dalam memperbaiki hubungan yang sedang memiliki konflik ini.. Dalam buku Purpose Drive Life mengatakan "Hubungan selalu layak untuk dipulihkan"..
So, selesaikan setiap konflik yang ada.. Bukan dimulai dari "Bagaimana cara menyelesaikan konflik?" Tapi mulai-lah dari "Apa yang dapat ku perbuat untuk memulihkan hubungan ini?".. Ingat!! "Hubungan selalu layak untuk dipuluhkan", oleh karena itu dibutuhkan Rekonsilisasi.. :)

SEMANGAT!! Nite n Heph a blessed day.. JESUS love u..

No comments:

Blog ini, blog yang simple.. Tapi pembuatan blog ini mempunyai tujuan.. Tujuan utama saya membuat blog ini adalah saya rindu memberkati banyak orang lewat pengalaman hidup saya, kata-kata bijak yang ada dan lain sebagainya.. Memberkati saudara-saudara seiman yang telah percaya kepada Yesus, dan semakin berdiri teguh dalam imannya.. Juga memberkati setiap mereka yang lainnya :) Saya rindu tulisan-tulisan dalam blog ini dapat menginspirasi orang banyak.. Blog ini dibuat sebagai langkah awal untuk menggapai mimpi saya, yaitu menjadi seorang penulis.. Harapan saya adalah semoga blog ini memberkati anda semua.. Namun terlebih dari semua itu, Saya rindu untuk membuat BAPA tersenyum atas semua yang saya lakukan :) Tuhan Yesus berkati.. SEMANGAT!!
Mengenai blog ini saya telah menjelaskan (sedikit) jelas di sini