Wednesday, January 5, 2011

My Extra Miles

Matius 5:41
Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil,
berjalanlah bersama dia sejauh dua mil.
(TB)
Kalau seorang penguasa memaksa kalian memikul barangnya sejauh satu kilometer, pikullah sejauh dua kilometer. (BIS)

Saat-saat kuliah sangatlah berbeda dengan saat sekolah.. Begitu pula, saat bekerja, menjadi sangat jauh berbeda dengan saat-saat sekolah dan kuliah.. Dan aku merasakan hal tersebut.. 24 jam bagiku tidak cukup.. Yah, mau bagaimana-pun, tidak akan merubah apa-apa.. 24 jam tetaplah 24 jam.. Hal ini berdampak pada banyak hal.. Baik keluarga, pelayanan, bahkan diriku sendiri terutama..

Masa-masa yang tidak menyenangkan.. Awal aku bekerja, aku sudah cukup tersiksa.. Karena merasa aku salah mengambil keputusan.. Hari biasa, dimana seharusnya aku berasa di sekolah lama ku untuk bangun hubungan dengan banyak orang, berubah menjadi hari-hari yang penuh dengan rutinitas pekerjaan.. Meski harus kuakui, aku enjoy dengan pekerjaan ku.. Aku menyukainya bahkan aku sangat menyukai anak-anak didikku.. (Yahh, aku mengajar anak TK)

Belum selesai masa adaptasiku, aku diperhadapkan dengan pilihan-pilihan yang sangat mengganggu ku.. Kala sulit ini, orang tua ku pindah ke luar kota.. Singkatnya, mereka meminta ku secara halus untuk pindah mengikuti mereka.. Namun, aku telah membangun banyak hal di kota ini.. Keluarga rohaniku, salah satunya.. Hmm, pilihan yang sampai saat ini belum kuputuskan.. Rasanya tidak berani untuk mengambil keputusan ini.. Karena dimana-pun aku berada, aku harus meninggalkan salah satu keluarga ku.. Berat, sangat berat rasanya..

Ditambah dengan tanggung jawabku sebagai pengawas area komunitas sel (KomSel atau biasa kusebut LoPe), menuntut ku untuk memiliki intensitas komunikasi dengan anak-anak LoPe ku.. Komunikasi ini kujaga sedemikian rupa, namun tetap saja tidak dapat kuelakkan lagi, selalu saja ada yang hilang.. Hmmpphh, bingung rasanya dengan keadaan-keadaan ini..

Meski tak bisa seperti dahulu, kucoba lakukan yang terbaik.. Apa-pun kulakukan, selagi aku mampu, tanpa memperdulikan kelelahanku.. Ku lakukan semua bagi keluarga rohaniku.. Namun, tuntutan demi tuntutan tetap ada.. Tuntutan untuk melakukan apa yang dahulu pernah kulakukan.. Yang kenyataannya jelas tak dapat kulakukan lagi sekarang.. *Tuhan, semua ini diluar-kendaliku kini* Huuuhh..

Sempat terpikir untuk berhenti, namun bersyukur tidak kulancarkan hal gila ini.. Terlebih aku bersyukur, aku memiliki anak-anak yang luar biasa.. Ku tahu, dengan segala yang mereka bisa lakukan mereka membantuku untuk meringankan beban ku.. Sungguh kubersyukur atas mereka..

Setelah demikian banyak hal yang kulalui setengah tahun ini, aku belajar banyak hal.. Bahwa kehidupan akan selalu membawa banyak hal baru bagi ku dan orang-orang lainnya.. Segala hal baru ini senantiasa mengajar setiap kita untuk tetap bersyukur dan belajar untuk memiliki respon yang baik dan benar.. Bersungut-sungut? Tentu aku pernah, yahh bisa dikatakan sering.. Berespon yang salah? Apalagi.. Perasaan ku seperti diaduk-aduk oleh respon-respon ku yang salah.. Tapi sekali lagi kubersyukur, aku masih diijinkan untuk belajar lebih lagi dalam kehidupan ini..

Dan hari ini, kutemukan hal yang menyejukkan hati, bahwa aku tidak sendiri menghadapi segala problematika hidupku.. DIA setia menemaniku.. DIA setia menjaga diriku, terutama hatiku.. Sungguh Allah yang luar biasa.. Allah yang tiada tandingannya.. Dengan apa yang kulakukan, kala semua menghimpitku, IA tetap SETIA.. Sungguh ku beryukur.. ^^ Allah yang ajaib..

Yahh, kala semua terlihat memburuk.. Janganlah bersedih maupun bersusah hati, karena ada Allah yang memberi Penghiburan.. Hmm, mengingatkan ku pada doa yang sangat menenangkan hati.. Ten fingers prayer "I can do all thing, through GOD who strengthens me".. Yahh, ku dapat menanggung segala perkara dalam DIA yang memberi kekuatan padaku.. ^^

Jika dahulu aku bisa mendisiplin diriku sedemikian ketat, itu artinya aku juga mampu melakukannya saat ini.. Jika dahulu aku mampu menyesuaikan waktu serta diri ku, itu artinya aku juga mampu melakukannya saat ini.. Yang membedakan hanyalah niat hati serta fokus utamanya.. Saat memiliki niat serta keteguhan hati, kupercaya semua dapat terlaksana.. Bahkan kala fokus utama ku adalah menyenangkan hati BAPA, kupercaya, SEMUA ada didalam kontrol kuasaNya.. Kini saatnya bagiku untuk melangkah ke mil selanjutnya.. Yahh, this is my extra miles, Lord.. Lead my way ^^

Ajarku, 'tuk lebih mengasihiMu lebih dari sebelumnya..
Dengan begitu, aku akan semakin belajar mengenai pengorbananMu
karena sedemikian besar kasihMu terhadapku, Bapa..
Ajarku, Tuhan.. Ajarku agar ku lebih bijaksana..

1 comment:

KZ said...

SEMANGAT TERUS YAH DALAM MELAYANI!^^

Blog ini, blog yang simple.. Tapi pembuatan blog ini mempunyai tujuan.. Tujuan utama saya membuat blog ini adalah saya rindu memberkati banyak orang lewat pengalaman hidup saya, kata-kata bijak yang ada dan lain sebagainya.. Memberkati saudara-saudara seiman yang telah percaya kepada Yesus, dan semakin berdiri teguh dalam imannya.. Juga memberkati setiap mereka yang lainnya :) Saya rindu tulisan-tulisan dalam blog ini dapat menginspirasi orang banyak.. Blog ini dibuat sebagai langkah awal untuk menggapai mimpi saya, yaitu menjadi seorang penulis.. Harapan saya adalah semoga blog ini memberkati anda semua.. Namun terlebih dari semua itu, Saya rindu untuk membuat BAPA tersenyum atas semua yang saya lakukan :) Tuhan Yesus berkati.. SEMANGAT!!
Mengenai blog ini saya telah menjelaskan (sedikit) jelas di sini