Saturday, December 29, 2007

Evaluasi 2007 n Komitmen 2008

Tak terasa tahun 2007 uda mau abis
tersisa dua setengah hari lagi ^^
akhir tahun identik dengan penutupan tahun (y iya lah, secara gitu :p )

sebelum ngakhirin tahun ni n sebelum melangkah masuk ke tahun 2008, ada baik na ngambil waktu sejenak untuk Evaluasi plus buat komitmen baru.. ^^
setahun ini gimana c??n tahun depan mau gmn yach??

hm, pasti banyak hal yang terjadi di tahun 2007 ini...dari yang terduga pe hal yang tak terduga..
gmn dengan tahun 2008 nanti y??

di Filipi 3:12-14, Mas Paulus nulis gini...

12 Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya, karena aku pun telah ditangkap oleh Kristus Yesus.
13 Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku,
14 dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.

telaah atu2 ya ayat na ^^
dari ayat 12, ada kata2 memperoleh, mengejar juga menangkap..
menurut aku, yang nama na untuk memperoleh, mengejar to menangkap sesuatu..kita kudu punya yang nama na target ^^ so, yuk 'Set our Target'

dari ayat 13, ayat ini membahas tentang masa lalu n masa depan.. ^^
masa lalu adalah masa2 untuk kita belajar.. n masa lalu adalah 'guru terbaik kita (melupakan apa yang di belakangku)
sedangkan masa depan adalah tujuan kita (mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku)

dan dari ayat 14, untuk mencapai suatu target (tujuan), kita ga bisa santai2 aja... tapi yang diperlukan adalah kita perlu ber-LARI!!!!

Sebagai ilustrasi.. :
Seorang atlet yang sedang dalam perlombaan lari...
Atlet ini akan berlari sekuat tenaga menuju garis finish, tanpa mempedulikan penonton2 yang menyorakinya..
Ada penonton yang memberi dukungan terhadap atlet ini.. namun juga ada penonton yang 'menekan' atlet ini.. dan banyak macam penonton lainnya lagi..
tapi, atlet tersebut tidak akan menghiraukan berbagai penonton yang ada.. karena atlet ini tau persis, jika ia 'mengalihkan' fokus nya dari garis finish kepada penonton, ia akan kehilangan konsentrasinya...
meski hanya untuk berhenti dan menyapa penonton yang mendukung nya..(saya percaya pelari ini tidak akan melakukannya..)

sama halnya seperti kita, hidup kita ini adalah lintasan tempat kita ber-lari...dan masing2 dari kita adalah pelarinya... :)
garis finnish yang pelari tuju adalah target(tujuan) dari kehidupan kita...
penonton2 sekitar stadium adalah hal2 yang mendukung bahkan bisa saja menjatuhkan kita, dalam pencapaian target (tujuan) kita..
hal2 ini dapat berupa orang2 sekitar kita, kejadian2 dan lain sebagainya..

tapi, semua ini bergantung pada diri kita masing2.. apakah kita akan menjadi 'pecundang' yang kalah dengan situasi sekitar kita.. atau menjadi seorang 'pemenang' yang akan tetap fokus pada target (tujuan) nya yaitu garis finnish... :)

seorang atlet yang berhasil adalah atlet yang berani menghadapi tantangan di 'lintasan' pertandingannya.. bukan yang lari keluar dari 'lintasan' pertandingannya..

Mas Paulus sendiri menyadari bahwa semua yang ada di belakang nya merupakan suatu kerugian besar.. tanpa pengenalan akan Allah.. Filipi 3:8-10

8 Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus,
9 dan berada dalam Dia bukan dengan kebenaranku sendiri karena mentaati hukum Taurat, melainkan dengan kebenaran karena kepercayaan kepada Kristus, yaitu kebenaran yang Allah anugerahkan berdasarkan kepercayaan.
10 Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya

4 hal yang Mas Paulus rindukan dalam pengenalan akan Allah.. (Ayat 10) :
  • Mengenal Tuhan
    • kenal dan tau merupakan 2 kata yang berbeda... Tau hanya sebatas mengetahui bagian kulit saja.. tapi kalau kenal, sampai kepada bagian dalamnya :) dan yang Paulus rindukan adalah mengenal Tuhan, bukanhanya mengetahui siapa Tuhan :)
  • Mengenal Kuasa kebangkitan-Nya
    • mungkin kita pernah melihat orang mati didoakan dan bangkit kembali.. tapi apakah ada orang mati dan bangkittanpa didoakan.. bangkit dengan kekuatan sendiri.. yap, hanya Yesus yang mampu melakukannya :)
    • orang mati didoakan lalu bangkit, itu bukan kuasa kebangkitan.. melainkan kuasa doa.. namun yang Paulus rindukan adalah mengenal kuasa kebangkitan-Nya.. :)
  • Persekutuan dalam penderitaan-Nya
    • saya tertarik dengan kata persekutuan disini.. persekutuan akan ada klo ada 2 orang atau lebih.. klo di kamus bhs indonesia, artinya sih.. Sekutu : teman grup or sekelompok..
    • so, persekutuan dalam penderitaan-Nya.. penderitaan 'dicuekin' Bapa (dijelaskan dibawah nanti, bagian ke 4).. pe ada tertulis, "Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya." (Markus 14:34)
    • tapi Yesus tetap maju pantang mundur.. Markus 14:35-36
      35 Ia maju sedikit, merebahkan diri ke tanah dan berdoa supaya, sekiranya mungkin, saat itu lalu dari pada-Nya.
      36 Kata-Nya: "Ya Abba, ya Bapa, tidak ada yang mustahil bagi-Mu, ambillah cawan ini dari pada-Ku, tetapi janganlah apa yang Aku kehendaki, melainkan apa yang Engkau kehendaki."


  • dan menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya
    • serupa dengan Dia dalam kematian-Nya bukan hal yang mudah euy.. coz saat Yesus ngambil keputusan untuk mati di kayu salib, itu adalah keputusan yang ga mudah untuk diambil.. karena saat Yesus ambil keputusan itu, Yesus tau persis klo Dia harus nanggung (mikul) mua dosa manusia.. sedang dosa itu sendiri adalah hal yang misahin manusia dengan Allah. n Allah sendiri adalah Pribadi yang paling deket ma Yesus.. sampe akhir na, di atas kayu salib Yesus sempet bilang di Matius 27:46 Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: "Eli, Eli, lama sabakhtani?" Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?
    • tapi semua ini Dia lakuin "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal." (Yohanes 3:16)
sebelum kita liat tahun 2008 ntar, better kita Evaluasi dulu tahun 2007 ni :)
banyak hal di tahun 2007 ini, mungkin membuat kita 'hopeless' dan lain2..
tapi, yuk kita mau tutup tahun 2007 ini dengan 'Luar biasa'.. yaitu dengan cara membangun hubungan yang intim dengan Bapa..Lum terlambat untuk membangun kembali...hal yang menjadikannya terlambat adalah..
"We NEVER Try it!!"

^^ Jika tahun ini kita lalui dengan banyak hal or kejadian yang kurang atau tidak menyenangkan, ini bukan alasan untuk kita berhenti, mengasihani diri dan menyesalinya.. tapi hal2 atau kejadian2 ini adalah 'guru' terbaik kita..
namun jika sebaliknya, tahun ini kita lalui dengan hal2 yang menyenangkan, ini bukan juga alasan untuk kita puas n berbangga diri..
karena apa yang ada di depan sana JAUH lebih indah daripada apa yang di belakang kita..
Melangkah dengan pasti.. tutup tahun 2007 dengan hati yang melimpah dengan syukur..
masuk tahun 2008 dengan harapan, komitmen dan hati yang baru ^^

so, sebagai evaluasi..' gmn tahun 2007 ini uda kita laluin??'
n target plus komitmen apa yang mau kita capai di tahun 2008 ^^


- LuphLy_JC -

No comments:

Blog ini, blog yang simple.. Tapi pembuatan blog ini mempunyai tujuan.. Tujuan utama saya membuat blog ini adalah saya rindu memberkati banyak orang lewat pengalaman hidup saya, kata-kata bijak yang ada dan lain sebagainya.. Memberkati saudara-saudara seiman yang telah percaya kepada Yesus, dan semakin berdiri teguh dalam imannya.. Juga memberkati setiap mereka yang lainnya :) Saya rindu tulisan-tulisan dalam blog ini dapat menginspirasi orang banyak.. Blog ini dibuat sebagai langkah awal untuk menggapai mimpi saya, yaitu menjadi seorang penulis.. Harapan saya adalah semoga blog ini memberkati anda semua.. Namun terlebih dari semua itu, Saya rindu untuk membuat BAPA tersenyum atas semua yang saya lakukan :) Tuhan Yesus berkati.. SEMANGAT!!
Mengenai blog ini saya telah menjelaskan (sedikit) jelas di sini