Thursday, September 17, 2009

Bee


Bee yang artinya adalah lebah ^^ Hm, kita sedikit banyak perlu belajar dari species yang satu ini.. Sebagian besar lebah memiliki cara hidup 'berkumpul', dan sebagian lainnya cenderung hidup menyendiri.. Cara hidup lebah yang 'berkumpul' ini perlu dan layak untuk kita ketahui serta pelajari :)

Dalam bangsa lebah, terdapat 3 tingkat kasta (atau koloni), setiap kasta ini memiliki tugas atau perannya masing-masing. Pertama, lebah ratu.. Dalam setiap kumpulan lebah, hanya terdapat seekor lebah ratu. Tugas dari lebah ratu adalah mengawal setiap kegiatan lebah betina dan lebah jantan. Tugas utama seekor lebah ratu adalah kawin dan bertelur. Sekali lebah ratu bertelur, ia dapat menghasilkan kurang lebih 2000 butir telur dalam seharinya. Lebah ratu ini memiliki kemungkinan hidup selama 3 tahun. Kedua, lebah betina atau biasa disebut lebah pekerja. Tugas dari lebah betina adalah mengumpulkan serbuk sari dan nektar, yang digunakan sebagai makanan bagi lebah lainnya. Ada juga lebah betina yang bertugas untuk membersihkan sarang dan juga menjaga anak-anak lebah. Lebah betina ini terbentuk tanpa melalui perkawinan dan lebah betina ini mandul, karena hanya memiliki satu set kromosom. Massa hidup lebah betina, kurang lebih 3 bulan lamanya. Ketiga, lebah jantan. Tugas dari seekor lebah jantan adalah mengawini ratu lebah. Massa hidup lebah jantan akan berakhir setelah lebah jantan mengawini lebah ratu.

. . . . . . . . . .

Guys n Gals.. Beberapa hal yang dapat kita pelajari dari lebah :
1. Hidup dalam komunitas
Para lebah sedikit banyak pasti memahami mengenai pentingnya hidup bergerombol.. Karena setiap lebah yang ada, tidak mungkin dapat mengumpulkan makanan, berbuah, bekerja dengan sendiri saja.. Lebah-lebah tersebut mengerti bahwa mereka membutuhkan lebah-lebah lainnya. Tujuan para lebah ini untuk hidup dalam berkomunitas adalah untuk kelangsungan species lebah yang ada..
Sama seperti halnya kita.. Setiap kita yang telah mengenal Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi, harus hidup dalam komunitas orang percaya. Guna semakin menumbuhkan pengenalan kita akan Tuhan kita.. Dan juga untuk melanjutkan apa yang telah disampaikan oleh Bapa.

2. Mengerti dan mengetahui tujuan hidupnya
Ketiga kasta lebah ini, meski memiliki massa hidup yang relatif singkat.. Namun, mereka mengerti tujuan hidup mereka dan mereka hidup sesuai dengan tujuan hidup tersebut.. Bila saja seekor lebah ratu tidak ingin bertelur, akankah muncul lebah-lebah yang baru?? Tentu tidak.. Bila saja lebah betina tidak pergi mencari serbuk sari dan nektar (makanan para lebah), sampai kapankah lebah lainnya dapat bertahan hidup? Begitu juga saat lebah jantan tidak ingin mengawini lebah ratu.. Setiap kehidupan lebah tersebut, hanya akan terhenti pada satu massa saja..
Seperti halnya kita.. Saat kita mengetahui tujuan Allah menciptakan kita, hidup kita tidak akan sia-sia.. Hidup dengan tujuan, akan jauh lebih memiliki makna daripada hidup tanpa mengetahui untuk apa kita hidup.. Dan dengan kita mengetahui tujuan hidup kita, hidup kita-pun akan lebih terarah dan waktu-waktu yang ada pun tidak terbuang dengan sia-sia..

So, temans.. Yuk, untuk beberapa hal ini kita mulai belajar dari lebah :) SEMANGAT!! Happy day!! Be blessed



No comments:

Blog ini, blog yang simple.. Tapi pembuatan blog ini mempunyai tujuan.. Tujuan utama saya membuat blog ini adalah saya rindu memberkati banyak orang lewat pengalaman hidup saya, kata-kata bijak yang ada dan lain sebagainya.. Memberkati saudara-saudara seiman yang telah percaya kepada Yesus, dan semakin berdiri teguh dalam imannya.. Juga memberkati setiap mereka yang lainnya :) Saya rindu tulisan-tulisan dalam blog ini dapat menginspirasi orang banyak.. Blog ini dibuat sebagai langkah awal untuk menggapai mimpi saya, yaitu menjadi seorang penulis.. Harapan saya adalah semoga blog ini memberkati anda semua.. Namun terlebih dari semua itu, Saya rindu untuk membuat BAPA tersenyum atas semua yang saya lakukan :) Tuhan Yesus berkati.. SEMANGAT!!
Mengenai blog ini saya telah menjelaskan (sedikit) jelas di sini