Tuesday, October 7, 2008

Bertumbuh Sehat

Kita (mungkin) sering mendengar istilah "Lahir baru".. Ya, setiap kita yang telah menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi kita telah mengalami "Lahir Baru".. Seperti halnya dengan seorang bayi yang baru lahir, untuk pertumbuhannya yang dibutuhkan beberapa hal.. Begitu pula seorang percaya yang baru mengalami lahir baru..

Hal-hal yang diperlukan dalam pertumbuhan seorang bayi adalah :


1. Makan Setiap Hari
Untuk pertumbuhannya, seorang bayi selalu memerlukan susu yang murni setiap hari (1 Petrus 2:2 )..
Seorang yang "Lahir Baru" juga perlu makanan untuk tubuh rohaninya, yaitu Firman Tuhan.. Cara memakan Firman Tuhan yaitu melalui pembelajaran dan perenungan akan Firman Allah..

2. Udara untuk Bernafas
Bagi seorang bayi, udara yang sehat adalah kebutuhan pokoknya.. Karena setiap kita tahu, bahwa tanpa udara, kita (termasuki seorang bayi) tidak dapat hidup..
Kita sering mendengar kata bijak ini.. "Doa adalah nafas hidup orang percaya".. Ya, fungsi doa sama pentingnya dengan fungsi udara bagi kita.. Jika tanpa udara kita tidak dapat hidup, maka tanpa doa-pun kerohanian kita mati.. So, berdoalah senantiasa (1 Tesalonika 5:17), dalam King James Version "Pray without ceasing" Berdoalah tanpa henti..

3. Olahraga Rutin
Seorang bayi, perlu matahari pagi dan sore hari untuk menjaga kulit bayi tetap sehat dan juga untuk memperkuat tulangnya.. Olahraga yang diperlukan seorang bayi adalah latihan untuk tengkurap, merangkak, berjalan serta berlari.. Dan latihan-latihan ini perlu dilakukan secara rutin..
Bagi seorang "Lahir Baru", olahraga yang perlu dipraktekkan adalah mempraktekkan secara rutin Firman Tuhan yang telah dipelajari dan direnungkan..

Sebuah teori tanpa praktek hanya akan menambah pengetahuan saja


4. Istirahat Cukup
Bayi juga memerlukan istirahat yang cukup untuk pertumbuhannya.. Tanpa istirahat yang cukup, pertumbuhan bayi tersebut akan terhambat..
Istirahat bagi seorang yang "Lahir Baru" adalah berserah kepada Tuhan setiap waktu. Dengan demikian seorang yang "Lahir Baru" akan mengalami pertumbuhan iman..

Percaya kepada Tuhan memberikan kita kedamaian dan rasa aman


5. Kebersihan Lingkungan
Lingkungan yang bersih menentukan proses pertumbuhan seorang bayi yang sehat.. Bila seorang bayi tumbuh dalam lingkungna yang kotor, dapat dipastikan bayi tersebut tidak akan bertumbuh dengan sehat.. Karena seorang bayi memerlukan udara yang bersih dan juga lingkungan yang bersih..
Begitu pula seorang yang "Lahir Baru", memerlukan lingkungan yang bersih untuk pertumbuhannya.. Lingkungan disini berbicara mengenai kompromi kita terhadap iblis.. Lingkungan kerohanian kita akan bersih saat kita menjaganya terlepas dari kotoran (tidak ada kompromi terhadap iblis).. Lingkungan ini juga berbicara mengenai pergaulan, jagalah pergaulan kita agar tetap bersih dan sehat, dengan menjadi berkat bagi semua orang..

6. Hidup dalam Kasih Sayang
Seorang bayi tentunya lahir dalam suatu keluarga, yang terdiri dari Ayah dan Ibu.. Bertumbuh dalam sebuah keluarga yang memiliki kasih sayang, akan membuat pertumbuhan bayi tersebut semakin baik..
Seorang yang "Lahir Baru" harus menjadi bagian dari suatu keluarga (gereja lokal).. Dengan menjadi bagian dalam keluarga, seorang yang "Lahir Baru" akan mendapatkan pertumbuhan yang sepantasnya.. Pertumbuhan dalam pengenalan akan Allah, dalam pengajaran dan juga dalam persekutuan bersama saudara-saudara-nya..

7. Check-Up secara Berkala
Pemeriksaan kesehatan secara rutin bagi seorang bayi sangat berguna untuk mengetahui kondisi kesehatan si bayi..
Pemeriksaan kesehatan rohani bagi seorang "Lahir Baru" sangat diperlukan, agar kondisi kesehatannya dapat segera diketahui.. Bila pengecekan tidak dilakukan secara berkala, banyak kemungkinan yang akan ditemui.. Salah satunya, kondisi kerohanian yang parah, akibat jarang atau tidak pernah mengecek kerohaniannya..

So, bagaimana dengan kamu?? Sehat dan normal-kah pertumbuhanmu? :) SEMANGAT!!! Jbu

NB : Bahan sharing ini adalah pengembangan dari apa yang kudapatkan dalam buku renungan :)

7 comments:

laurencia said...

wah dapat berkat bc postingan ini .. nomer 6 ga bs neh Ca ..huhu piye jal ??

jadi kel.mu aja deh Ca ... :)

manusia biasa said...

uhuy........... nice posting dan perlu diterapkan neh.

^^ CaCa ^^ said...

@ Laurencia : pray for it ci..pasti bisa..SEMANGAT ya...

@ MAnusia biasa : seeppp... SEMANGAT praktek!! hehehe....

Jbu2

Devita said...

setujuuu!!!!

Anonymous said...

waaaaa.....
sis mw jadi kek bayi lagi ya?
hahahahahahahahahhahaha....
biar gw aja yg momong u deh...
luthu kali ya liat sis dalam bentuk bayi
wkwkwkwkwkwkwkwkwk....
BTW mungkin hal-hal tsb yg nga disadari oleh org tua

djmartha said...

amazing... tulisan yang memberkati. Maju terus CaCa... jangan berhenti untuk menulis dan membagikan berkat untuk kita para pembaca. tuhan yesus memberkati


cheers...

^^ CaCa ^^ said...

@ Devita : Yup :) hehehe...

@ Anonymous : Wele2... dasar c bro.. :p

@ djmartha : Thx DJ :)

SEMANGAT ya.. Jbu

Blog ini, blog yang simple.. Tapi pembuatan blog ini mempunyai tujuan.. Tujuan utama saya membuat blog ini adalah saya rindu memberkati banyak orang lewat pengalaman hidup saya, kata-kata bijak yang ada dan lain sebagainya.. Memberkati saudara-saudara seiman yang telah percaya kepada Yesus, dan semakin berdiri teguh dalam imannya.. Juga memberkati setiap mereka yang lainnya :) Saya rindu tulisan-tulisan dalam blog ini dapat menginspirasi orang banyak.. Blog ini dibuat sebagai langkah awal untuk menggapai mimpi saya, yaitu menjadi seorang penulis.. Harapan saya adalah semoga blog ini memberkati anda semua.. Namun terlebih dari semua itu, Saya rindu untuk membuat BAPA tersenyum atas semua yang saya lakukan :) Tuhan Yesus berkati.. SEMANGAT!!
Mengenai blog ini saya telah menjelaskan (sedikit) jelas di sini