Friday, August 8, 2008

Excellent Servant

Satu-satunya hal yang dibutuhkan seseorang dalam pelayanan

adalah KARAKTER (hati seorang hamba/pelayan)!!


Allah menentukan kebesaran kita,

berdasarkan banyaknya orang yang kita layani,

Bukan berdasarkan banyaknya orang yang melayani kita..


Mat 7:16 Kita dikenal dari hasil perbuatan kita


Seorang pelayan yang sejati memiliki ciri2.. :

Memberi Diri

Seperti seorang tentara, seorang pelyanan harus selalu siap untuk tugas yang menantinya (2 Tim 2:4)


”Jika aku hanya melayani ketika pelayanan itu menyenangkan bagi ku, aku bukanlah seorang pelayan sejati. Pelayan yang sejati melakukan apa yang diperlukan, bahkan ketika rasanya tidak nyaman” ~ seorang pelayan tidak dapat memilih dimana ia mau melayani..


Memperhatikan Kebutuhan

Seorang pelayan selalu siap sedia, saat melihat adanya kebutuhan, dengan cara apa-pun (Gal 6:10).. Kebutuhan ’keluarga rohani’ harus diutamakan..


Sering kali banyak kesempatan untuk melayani dilewatkan begitu saja, karena kita kurang peka dan sigap. Kesempatan-kesempatan itu berlalu dengan begitu cepat dan kadang tidak pernah kembali lagi. (Ams 3:28)


Kita dapat memulai dengan mencari tugas-tugas kecil yang tidak seorang (sedikit orang) –pun ingin kerjakan. Kerjakan hal-hal kecil tersebut, seolah-olah sedang mengerjakan hal yang besar.. Karena Allah sedang mengamati!!


Lakukan yang terbaik dengan apa yang kamu miliki

Seorang pelayan tidak mencari-cari alasan, tidak mengenal penundaan, atau-pun menunggu keadaan yang lebih baik (Pkh 11:4).


Allah berharap agar kita melakukan apa yang kita bisa, dengan apa yang kita miliki, dimanapun kita berada. Pelayanan yang kurang sempurna selalu lebih baik daripada rencana terbaik yang tidak dilaksanakan..


”Salah satu alasan kenapa banyak orang tidak pernah melayani

adalah rasa takut tidak cukup baik untuk melayani”


Memiliki dedikasi yang sama

Apa-pun yang dikerjakan seorang pelayan, ia akan melakukannya dengan sepenuh hati!! (Kol 3:23) Besar tugas yang dikerjakan seorang pelayan tidaklah penting, yang penting hanyalah apakah tugas itu perlu dikerjakan?


”Dalam pelayanan kecil inilah kita akan

bertumbuh menjadi serupa dengan Kristus” (Gal 6:3)


Tugas-tugas kecil yang kita kerjakan, seringkali menunjukkan kebesaran hati kita. Dan tidak ada tugas yang tidak pantas seorang pelayan lakukan ketika memiliki hati pelayan dalam diri kita. Kesempatan yang besar seringkali menyamar di dalam tugas-tugas kecil (Luk 16:10-12)


Pertarungan untuk menjadi pemimpin penuh sesak, tetapi lapangan terbuka lebar untuk orang-orang yang bersedia menjadi pelayan.


SETIA

Seorang pelayan menyelesaikan tugas-tugasnya, memenuhi tanggung jawabnya, memegang janji-janjinya dan menyelesaikan komitmennya.. Seorang pelayan tidak pernah patah semangat.. Dan semua ini dirangkum dalam satu kata, yaitu SETIA.. Ke-SETIA-an menjadi sifat yang begitu jarang.


Pertanyakan hal ini pada dirimu.. Apakah kamu bisa diandalakan oleh orang lain? Dan apakah Allah bisa mengandalkan mu?


Kita bisa lulus dari sekolah, pensiun dari kerjaan, tapi kita tidak akan lulus dalam melayani dan juga kita tidak akan pensiun dalam pelayanan kita. Seorang pelayan akan melayani dengan setia seumur hidupnya. Seumur hidup kita akan tetap melayani Allah..


Ada upah untuk suatu kesetiaan (Mat 25:23)


Tetap Rendah Hati

Seorang pelayan tidak perlu mem-promosikan diri mereka dengan cara apa-pun (1 Pet 5:5). Ke-rendahan hati namun bukan kemunafikan (Mat 6:1; Ef 6:6; Kol 3:23)


Contoh : Yusuf.. Ia tidak pernah mem-promosikan dirinya dimana pun ia berada.. Tapi hal yang pasti dalam kehidupan Yusuf adalah Allah senantiasa menyertainya bahkan Allah yang mempromosikan Yusuf!!


Allah menempatkan-ku ditempat aku berada untuk satu tujuan!!


Ada lebih dari 750 Museum Orang Terkenal di Amerika dan lebih dari 450 buku Biografi Orang Terkenal, tapi kita tidak akan menemukan banyak pelayan sejati di tempat tgersebut. Kepopuleran tidak akan bermakna apa-apa bagi pelayan sejati karena seorang pelayan sejati mengetahui perbedaan antara yang menonjol dan yang bermakna. Sama halnya dengan kita, kita memiliki beberapa ciri-ciri yang menonjol pada tubuh, tapi kita juga memiliki beberapa ciri yang vital dalam tubuh (yang tak terlihat dari luar). Bagian-bagian tersembunyi dari tubuh-mulah yang terpenting!! Begitu juga dalam pelayanan kita, Pelayanan yang terpenting sering kali adalah pelayanan yang tak terlihat (1 Kor 12:22-24)


Kehidupan seorang pelayan

adalah untuk dipandang oleh Allah bukan orang lain (Gal 1:10b)


Source : Renungan

No comments:

Blog ini, blog yang simple.. Tapi pembuatan blog ini mempunyai tujuan.. Tujuan utama saya membuat blog ini adalah saya rindu memberkati banyak orang lewat pengalaman hidup saya, kata-kata bijak yang ada dan lain sebagainya.. Memberkati saudara-saudara seiman yang telah percaya kepada Yesus, dan semakin berdiri teguh dalam imannya.. Juga memberkati setiap mereka yang lainnya :) Saya rindu tulisan-tulisan dalam blog ini dapat menginspirasi orang banyak.. Blog ini dibuat sebagai langkah awal untuk menggapai mimpi saya, yaitu menjadi seorang penulis.. Harapan saya adalah semoga blog ini memberkati anda semua.. Namun terlebih dari semua itu, Saya rindu untuk membuat BAPA tersenyum atas semua yang saya lakukan :) Tuhan Yesus berkati.. SEMANGAT!!
Mengenai blog ini saya telah menjelaskan (sedikit) jelas di sini