Sunday, June 15, 2008

Keselamatan Seorang Jiwa


Markus 5:1-13

1Lalu sampailah mereka di seberang danau, di daerah orang Gerasa. 2Baru saja Yesus turun dari perahu, datanglah seorang yang kerasukan roh jahat dari pekuburan menemui Dia. 3Orang itu diam di sana dan tidak ada seorangpun lagi yang sanggup mengikatnya, sekalipun dengan rantai, 4karena sudah sering ia dibelenggu dan dirantai, tetapi rantainya diputuskannya dan belenggunya dimusnahkannya, sehingga tidak ada seorangpun yang cukup kuat untuk menjinakkannya. 5Siang malam ia berkeliaran di pekuburan dan di bukit-bukit sambil berteriak-teriak dan memukuli dirinya dengan batu. 6Ketika ia melihat Yesus dari jauh, berlarilah ia mendapatkan-Nya lalu menyembah-Nya, 7dan dengan keras ia berteriak: "Apa urusan-Mu dengan aku, hai Yesus, Anak Allah Yang Mahatinggi? Demi Allah, jangan siksa aku!" 8Karena sebelumnya Yesus mengatakan kepadanya: "Hai engkau roh jahat! Keluar dari orang ini!" 9Kemudian Ia bertanya kepada orang itu: "Siapa namamu?" Jawabnya: "Namaku Legion, karena kami banyak." 10Ia memohon dengan sangat supaya Yesus jangan mengusir roh-roh itu keluar dari daerah itu. 11Adalah di sana di lereng bukit sejumlah besar babi sedang mencari makan, 12lalu roh-roh itu meminta kepada-Nya, katanya: "Suruhlah kami pindah ke dalam babi-babi itu, biarkanlah kami memasukinya!" 13 Yesus mengabulkan permintaan mereka. Lalu keluarlah roh-roh jahat itu dan memasuki babi-babi itu. Kawanan babi yang kira-kira dua ribu jumlahnya itu terjun dari tepi jurang ke dalam danau dan mati lemas di dalamnya.

. . . . . . . . . .

Kemaren aku berbincang dengan seorang teman.. Sedang membicarakan mengenai jiwa2.. Membicarakan bagaimana strategi memenangkan jiwa lagi, serta membuat target (Siapa yang akan menjadi sasaran untuk dimenangkan selanjutnya).. Disela pembicaraan, terlintas mengenai ayat di atas.. Di mana YESUS menyelamatkan seorang jiwa yang tengah kerasukan Legion. Mencoba menkalkulasi apa yang telah YESUS lakukan..

YESUS mengusir Legion tersebut dan memasukkannya pada kawanan babi yang berjumlah sekitar dua ribu ekor (bukan jumlah yang sedikit).. Secara matematika adalah seperti di bawah:

Keselamatan 1 orang jiwa = Mengorbankan 2000 ekor babi

Jika dihitung lagi.. Seekor babi biasa dijual dengan harga adalah antara Rp 8-20 jutaan (dirupiahkan).. Berhubung saat itu banyak perternakkan babi, dan babi2 itu dirawat dengan begitu telaten, dapat diperkirakan babi2 yang ada pada saat itu montok2.. Bila seekornya adalah Rp 20 juta, maka.. :

Keselamatan 1 orang jiwa = Rp 4 M
(Rp 4 M = Harga total dua ribu ekor babi)


Dari hal ini, aku "menangkap" satu hal.. Harga seorang jiwa bagi YESUS adalah mahal sekali. Bahkan terlintas mengenai penyaliban YESUS.. Aku percaya, jika saat itu (saat penyaliban-NYA) hanya tersisa satu orang saja yang belum percaya, YESUS tetap memberikan Diri-NYA untuk di salib demi yang seorang itu.. Wah, hal ini menjadi suatu tantangan untuk ku.. Jika aku sungguh mengasihi-NYA, secara otomatis aku mengetahui kerinduan-NYA untuk menyelamatkan jiwa2.. Bila aku memiliki kerinduan tersebut, aku pasti akan melakukan sesuatu untuk memenangkan jiwa2 yang terhilang.. Teringat suatu statement..

Menangkanlah jiwa, BERAPA-pun harganya..

Yap,
statement ini benar.. Kita harus memenangkan jiwa, BERAPA-pun harga yang harus kita bayar.. Karena untuk harga sebuah keselamatan, YESUS telah membayar lunas semuanya! Yaitu dengan Tubuh dan Darah-NYA.. So, temen2.. Berapa deposit jiwa yang saat ini kamu miliki?? Ingat, Seorang jiwa = Rp 4 M!! Nah, kamu memiliki berapa M? Ato belum sama sekali? Kalo belum, yuk ambil waktu untuk berdoa bagi orang2 terdekatmu yang belum mengenal YESUS sebagai TUHAN n JURUSELAMAT pribadi.. Minta YESUS untuk membuka jalan bagimu..

SEMANGAT untuk memenangkan jiwa!!
JESUS bless ya..

3 comments:

Yeremia Enrico said...

wah...sip artikelnya..
kerenz banget 1 jiwa = 4M bahkan lebih...
come on guys...jangan tunda2 lagi....
kita cari jiwa2 yang hilang..
come on soul hunt...:D

^^ CaCa ^^ said...

Siipp...

Mari kita berburu jiwa..hohoho
SEMANGAT Jam..
:)

Jbu

Anonymous said...

Blognya Menarik. akan saya tunggu updates berikutnya.
Salam kenal.

GBU

Blog ini, blog yang simple.. Tapi pembuatan blog ini mempunyai tujuan.. Tujuan utama saya membuat blog ini adalah saya rindu memberkati banyak orang lewat pengalaman hidup saya, kata-kata bijak yang ada dan lain sebagainya.. Memberkati saudara-saudara seiman yang telah percaya kepada Yesus, dan semakin berdiri teguh dalam imannya.. Juga memberkati setiap mereka yang lainnya :) Saya rindu tulisan-tulisan dalam blog ini dapat menginspirasi orang banyak.. Blog ini dibuat sebagai langkah awal untuk menggapai mimpi saya, yaitu menjadi seorang penulis.. Harapan saya adalah semoga blog ini memberkati anda semua.. Namun terlebih dari semua itu, Saya rindu untuk membuat BAPA tersenyum atas semua yang saya lakukan :) Tuhan Yesus berkati.. SEMANGAT!!
Mengenai blog ini saya telah menjelaskan (sedikit) jelas di sini