Friday, July 3, 2009

Just Be Your Self

Met pagi menjelang siang :D Dah lama tidak corat mencoret.. Kangen juga.. Hm, karena beberapa hal, sempat ga bisa nulis blog.. Wele2.. Tapi Praise GOD sekarang dah bisa ^^

Beberapa hari ini, aku lagi diingetin mengenai 'Menjadi diri sendiri'.. Just to be honest, aku sering berpikir.. Kenapa aku tidak seperti ini, kenapa tidak seperti itu?? Kenapa aku tidak bisa melakukan ini, kenapa tidak juga bisa melakukan itu?? Meski kusadari, setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihan.. Tapi tidak dapat kututupi, bahwa pikiran ini masi sering muncul dalam benakku.. hm, berpikir seperti ini sungguh menguras tenaga saja..

Beberapa hari lalu, tepat na hari rabu, sehari setelah libur kuliah, aku mengalami kebosanan yang amat sangat.. Beberapa kali mencari hal yang bisa kulakukan.. Membaca, nonton dan lain sebagainya.. Setelah semua habis ku baca dan ku tonton, karena kebetulan tinggal sisa2 bacaan dan tontonan saja, kebosanan ku mulai memuncak.. Ditengah-tengah kebosanan itu, aku ber-sms-ria dengan beberapa keluarga ku.. Mereka yang sms-an dengan ku sedang melakukan aktifitas yang mereka senangi, diantaranya bermain game, facebook-an, salon, etc..

Sempat terpikir oleh ku.. Kenapa aku tidak suka bermain game? Kenapa tidak suka akan hal2 yang berbau kewanitaan, seperti salon, etc? Aku bukan tidak suka sama sekali dengan game, tapi cenderung biasa saja.. Alhasil, aku mencoba browsing game di google.. Bermain, hanya sebentar sekali.. Kebosanan ku muncul kembali.. Weleh2...

Hm, setelah beberapa hal ku lakukan karena mencoba untuk mengikuti orang lain, demi mengurangi kebosanan ku.. Hasilnya sama saja, bosan tidak kurang, menambah iya.. Huffff... Hingga sorenya, saat sedang ber-saat teduh ria.. Kusadari, "Hari ini bukan gue banget".. Aku sedang menjalani aktifitas2 yang berbeda, lebih tepat dikatakan, aku sedang memaksakan diriku sendiri..

Saat teduh ku memakai buku "90 Hari Your Best Life Now" dari Om Joel Osteen.. Tepat dengan yang kualami, seperti tertegur rasanya.. Kenapa aku tidak menjadi diriku sendiri?? Kenapa aku ingin seperti orang lain?? Hm, Bapa menciptakanku unik.. Berbeda dari yang lainnya, karena memiliki suatu tujuan.. Bapa rindu aku untuk menjadi diri ku sendiri, bukan orang lain.. Karena kalau Bapa ingin aku seperti orang lain, IA akan menciptakan ku seperti orang lain..

Yah, kebenaran yang menyejukan hati ku :) Bersyukur Allah menerima aku apa adanya.. Bersyukur Allah menciptakan aku dengan kekurangan bukan karena tidak sengaja, melainkan karena IA ingin aku menyadari aku memerlukanNya dan memerlukan sesama ku :D Terlebih, aku bersyukur karena aku mengenalNya.. ^^

Just be your self.. Kata-kata yang sering terdengar namun sulit dilakukan *bagiku.. But, i'll try my best.. Karena saat aku menjadi diriku sendiri, aku sedang bersyukur akan karya agung yang Allah ciptakan dalam diriku ini ^^

All Glory to U, DAD ^^
Luph U so MUCH!!!!



2 comments:

Anonymous said...

Mungkin saya pun juga pernah sedikit mengalami kesulitan dalam menerima diri sendiri.

Misalnya, saya memiliki badan paling tinggi di sekolah, tapi justru tidak pandai dalam bermain basket. Saya bisa main basket hanya sebagai hobby, bukan sebagai masuk tim basket resmi sekolah. Saya masuk tim, malah jelek sekali mainnya hahaha... saya jadi sangat malu, padahal sudah sering berlatih. Kontras dengan dedi saya yang lebih pendek tapi bisa mengalahkan semua pemuda dalam bermain basket.

Begitu juga walau paling tinggi di sekolah tapi ngga berani untuk berkelahi. Kalo ada yang ajak berkelahi, malah nangis..hahaha. Saya selalu menjauhi teman-teman yang bandel, karena mereka sering "menantang" saya, misalnya saya tiba-tiba dipukul atau ditendang.

Terkadang saya agak tertekan dengan kedua hal di atas, dan bertanya-tanya, kenapa ngga bisa ini? kenapa ngga bisa itu?

Tapi itu dulu lho waktu masa-masa SD-SMP hahaha...sekarang mah ngga lagi dong :D. Tuhan memang menciptakan manusia dengan sangat unik. Hal ini saya perdalam saat belajar 8 Kecerdasan dasar manusia: LLIIMNSK

1. Logika; seperti jago matematika, fisika, kimia, komputer, dan sejenisnya.

2. Linguistik (Bahasa), seperti ahli bahasa asing, guru bahasa, penulis cerita, buku, novel, puisi, lirik, dkk.

3. Interpersonal, ini seni berkomunikasi, seperti MC, pembicara, salesman, pengkhotbah, pengacara.

4. Intrapersonal, ini semacam perenungan diri sendiri. Contohnya para filsuf.

5. Musikal; penyanyi, pemusik, pencipta lagu.

6. Naturalis; yang senang bergaul dengan alam. Seperti nelayan, pemanjat gunung, atau yang suka ekspedisi ke hutan, peneliti biologi, dll.

7. Kinestetik; yang ini adalah kecerdasan gerak atau fisik. Seperti olahragawan, mekanik, tentara, dan penari.

8. Spasial; kecerdasan ruang. Contohnya arsitek, pelukis, dan pemahat.

Setelah mengetahui itu, saya sadar bahwa kecerdasan utama saya bukan pada kinestetik olahraga (oleh karena itulah saya tidak menjadi pebasket 'profesional'), melainkan pada kinestetik yang lain (misalnya bantu dedi betul-betulin instalasi listrik :P ). Begitu juga kecerdasan utama saya bukan pada Spasial, jadi sekalipun pernah les gambar, tetap susah dalam menggambar.

Bukan berarti dengan mengetahui hal di atas, membuat saya jadi membatasi diri. Saya masih suka main basket dan berolahraga tentunya. Saya masih suka menggambar walau jarang hahaha..

Tapi setidaknya saya jadi bisa "lebih menerima diri saya sendiri" apa adanya, dan fokus pada kecerdasan utama saya.

Kesimpulannya, sesuai judul,
Just Be Your Self"
Tuhan benar-benar menciptakan kita sangat unik. (^_^)

GBU

^^ CaCa ^^ said...

yup.. i love the way DAD' create me ^^

Thx ya..
SEMANGAT!!!!
Jbu

Blog ini, blog yang simple.. Tapi pembuatan blog ini mempunyai tujuan.. Tujuan utama saya membuat blog ini adalah saya rindu memberkati banyak orang lewat pengalaman hidup saya, kata-kata bijak yang ada dan lain sebagainya.. Memberkati saudara-saudara seiman yang telah percaya kepada Yesus, dan semakin berdiri teguh dalam imannya.. Juga memberkati setiap mereka yang lainnya :) Saya rindu tulisan-tulisan dalam blog ini dapat menginspirasi orang banyak.. Blog ini dibuat sebagai langkah awal untuk menggapai mimpi saya, yaitu menjadi seorang penulis.. Harapan saya adalah semoga blog ini memberkati anda semua.. Namun terlebih dari semua itu, Saya rindu untuk membuat BAPA tersenyum atas semua yang saya lakukan :) Tuhan Yesus berkati.. SEMANGAT!!
Mengenai blog ini saya telah menjelaskan (sedikit) jelas di sini