Friday, April 25, 2008

Kenapa sih dia ga pernah berubah??


"Kenapa sih dia ga pernah berubah??"
"Kenapa sih dia ga pernah ngertiin aku??"
"Sampai kapan aku harus seperti ini??"
Dan banyak keluhan2 lainnya..

Pernah terlintas ato mengeluarkan kalimat2 di atas??
Kalo pernah.. Yuk kita simak baik2 yang di bawah ini..
Kalo belum.. Ada baiknya di baca juga biar tau..
Hohoho..

. . . . . . . .

Sering kali kalimat ini muncul ketika kita menghadapi masalah dengan orang lain.. Ada ilustrasi mengenai hal ini..
Jika gigi kita berlubang dan kita minum air dingin (air es), apa yang akan terjadi?? Ngilu kalo ga sakit banget kan?? Nah, pertanyaan na.. Apa yang nyebabin rasa ngilu to sakit itu?? Apa air dingin na?? Ato gigi kita yang berlubang?? Jawaban na : Gigi kita yang berlubang kan?? Ari dingin itu bukan PENYEBAB tapi hanya sekedar PEMICU..
Sama hal nya dengan masalah kita dengan orang lain.. Orang lain hanya pemicu.. Sedangkan penyebab nya adalah DIRI SENDIRI.. Kok bisa??
Cenderung melihat kesalahan pada orang lain atau situasi (Respon yang salah) >> Karena (merasa) gagal mengasihi orang lain >> Karena (merasa) gagal mengasihi diri sendiri >> Karena (merasa) gagal mengasihi Allah
Ini adalah 'Rantai' dari sebuah Konflik.. Akar dari konflik adalah manusia (merasa) gagal mengasihi ALLAH.. Kenapa?? Karena manusia cenderung berusaha (sendiri) melakukan yang terbaik untuk mengasihi ALLAH (Ini bukan hal yang salah atau tidak boleh..) namun yang sering kita lupakan adalah.. Bahwa ALLAH yang terlebih dahulu mengasihi kita, dan ini dibuktikan lewat KARYA SALIB YESUS.. "Kasih dimulai dari ALLAH"

Jadi Solusi awal adalah Sadari bahwa ALLAH yang terlebih dahulu mengasihi kita.. Dengan begini, kita akan lebih dulu mengalami pemulihan hubungan dengan BAPA..

Selanjutnya, Konflik dapat muncul disebabkan oleh :
  1. Kita cenderung menyalahkan orang lain atau situasi
  2. Suka melemparkan tanggung jawab
Solusi (Lanjutan).. Belajar untuk bertanggung jawab atas diri sendiri dan belajar untuk berespon dengan benar..
Satu respon yang paling merusak hubungan adalah memilih untuk merubah orang lain.. (Karena hal ini adalah hal yang sia2)
So, Kita tidak akan (lagi) menyalahkan orang lain atau situasi jika akar permasalahan ini kita bereskan.. :)

Kesimpulan.. Win win solution na adalah :
>> Sadari bahwa ALLAH yang lebih dahulu mengasihi kita.. Dengan cara : Renungkan KARYA SALIB YESUS..
>> Berdamai dengan diri sendiri.. Dengan cara : mengampuni diri sendiri dan menerima diri sendiri apa ada nya..
>> Berdamai dengan oran lain.. Dengan cara : Mengampuni orang lain dan menyadari bahwa yang mampu merubah orang lain hanya dirinya sendiri dan Tuhan.. bukan kita :)

Jbu

Rangkuman dari renungan THCC minggu pertama

No comments:

Blog ini, blog yang simple.. Tapi pembuatan blog ini mempunyai tujuan.. Tujuan utama saya membuat blog ini adalah saya rindu memberkati banyak orang lewat pengalaman hidup saya, kata-kata bijak yang ada dan lain sebagainya.. Memberkati saudara-saudara seiman yang telah percaya kepada Yesus, dan semakin berdiri teguh dalam imannya.. Juga memberkati setiap mereka yang lainnya :) Saya rindu tulisan-tulisan dalam blog ini dapat menginspirasi orang banyak.. Blog ini dibuat sebagai langkah awal untuk menggapai mimpi saya, yaitu menjadi seorang penulis.. Harapan saya adalah semoga blog ini memberkati anda semua.. Namun terlebih dari semua itu, Saya rindu untuk membuat BAPA tersenyum atas semua yang saya lakukan :) Tuhan Yesus berkati.. SEMANGAT!!
Mengenai blog ini saya telah menjelaskan (sedikit) jelas di sini